Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Investasi Properti

Apakah Anda salah satu orang yang berencana untuk melakukan investasi di bidang properti? Investasi properti adalah salah satu instrumen investasi yang tetap populer sampai sekarang. Seperti diketahui, imbal hasil yang didapatkan juga signifikan apalagi jika memiliki properti di lokasi yang strategis. Namun masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan, saat akan investasi properti yang mengakibatkan merugi.

Misalnya jika Anda memilih investasi di bidang properti apartemen maka pastikan memilih lokasi yang tepat. Salah satunya dengan memilih Apartemen Bassura. Apartemen ini berlokasi di Jatinegara Jakarta Timur menyasar tipe pembeli di kalangan menengah.

Kesalahan Investasi Apartemen

Jadi meskipun investasi apartemen memberikan keuntungan yang banyak namun jika tidak punya strategi yang tepat, maka akan memberikan kerugian. Lalu apa saja hal yang harus dihindari saat investasi properti khususnya apartemen?

1. Waktu Pembelian Yang  Salah

Pertama kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat investasi apartemen adalah pembelian properti di waktu yang tidak tepat. Anda harus menghindari masa di mana siklus properti sedang dalam masa peak. Alasannya tentu saja karena harga properti pada masa itu sangat tinggi, jadi investor biasanya ingin menjual kembali dan harus mendapatkan keuntungan.

Maka dari itu penting bagi anda untuk memahami peluang investasi. Jadi masa di mana pembelian properti tidak terlalu ramai atau sepi bisa dimanfaatkan dengan baik. Sebagai investor, Anda harus tahu yang namanya memanfaatkan momen dengan baik.

2. Tidak Memahami Legalitas

Sebagai investor di bidang properti maka anda tidak boleh acuh terhadap yang namanya legalitas. Legalitas sendiri, erat kaitannya dengan hak kepemilikan. Jadi ketika beli apartemen, maka Anda wajib memperhatikan aspek legalitas properti yang akan dibeli.

Apartemen yang dibangun tidak memiliki izin, tentu saja akan membuat Anda menghadapi resiko di masa yang akan datang. Bahkan bukan tidak mungkin akan berpengaruh kepada nilai kerugian yang besar sehingga membuat anda bisa menyesal kelak.

3. Lokasi Apartemen Kurang Strategis

Ketika investasi apartemen, maka sangat penting untuk mendapatkan lokasi properti yang strategis. Namun banyak orang kurang bisa menilai peluang lokasi yang strategis, sehingga membeli properti di lingkungan yang tidak berkembang. Jika Anda beli properti di kawasan yang tidak ramai dan sepi tentu saja akan menjadi resiko tersendiri.

Namun sebaliknya, jika kawasan tersebut hidup dan berkembang tentu anda sangat mudah dalam menjual properti dan harganya biasanya terus naik dari waktu ke waktu. Anda juga wajib memiliki insting yang tepat sebagai investor.

4. Mengabaikan Perawatan

Melakukan perawatan untuk hunian meskipun sebagai sarana investasi juga sangat penting. Perawatan tentu saja tidak hanya dilakukan untuk hunian berbentuk rumah, tapi juga apartemen. Sebagai investor mungkin tidak akan menempati aset tersebut tetapi jangan membiarkan aset terlantar dan menjadi kotor.

Anda tentu bisa memanggil jasa kebersihan untuk perawatan apartemen sehingga menjaga harga apartemen tetap naik. Atau biasanya apartemen memiliki sistem perawatannya sendiri dan Anda akan dikenakan biaya untuk perawatan. Jangan sampai apartemen Anda mengalami kerusakan pada beberapa bagian, yang membuat harganya jadi turun.

Kesalahan seperti ini tentu harus dihindari karena merupakan kesalahan dari diri sendiri.

5. Kurang Bijak Sebagai Investor

Biasanya investor pemula selain kurang jeli, juga kurang bijak dalam menggunakan uangnya untuk membeli properti. Tidak jarang para investor hanya sekedar tertarik pada tampilan fisik, padahal untuk investasi di bidang properti butuh kecerdasan dan riset.

Anda sebagai investor wajib memiliki perbandingan properti yang akan dibeli. Anda harus mengetahui apa saja pertimbangan yang harus dilakukan ketika memilih satu properti dan properti lainnya. Misalnya dari segi lokasi properti, fasilitas yang disediakan dan juga akses. Anda perlu yang namanya analisa untuk mendapat properti dengan harga terjangkau dan nilai jual tinggi.

6. Tidak Punya Estimasi Biaya

Terakhir, kesalahan yang sering dilakukan oleh investor adalah adanya perencanaan yang baik terutama dalam membuat estimasi biaya. Jangan sampai Anda melakukan investasi tanpa persiapan untuk rencana jangka panjang. Anda wajib melakukan investasi dengan membuat estimasi biaya operasional dan keuntungan yang akan didapat.

Anda juga wajib tahu berapa banyak modal yang akan dikeluarkan dan berapa keuntungan yang akan didapatkan. Jangan lupa menambahkan biaya listrik, biaya air dan perawatan bangunan.

Jadi itu tadi beberapa kesalahan yang harus dihindari sebagai investor di bidang properti. Yang sedang mencari properti berbentuk apartemen atau rumah maka wajib memilih  situs properti terbaik yaitu Rumah.com. Situs properti ini akan membantu Anda untuk mendapatkan rumah di lokasi strategis dengan fasilitas memadai dan juga harga terjangkau.

Selain itu di sini Anda juga bisa mendapatkan konsultasi di bidang properti secara gratis. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi website rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *